Muda, Peduli, dan Merakyat

Pendidikan Politik bagi Masyarakat Akar Rumput

Secara umum, kehidupan kita dalam bermasyarakat sehari- hari tidak bisa terlepas dari praktik berpolitik. Meski dalam hal ini bukan politik praktis seperti yang diperankan oleh sejumlah tokoh perpolitikan di tanah air. Kecenderungan yang terjadi sekarang, kata politik mengalami penyempitan makna walaupun dalam beberapa hal masih bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang menyebut kata politik sebagai acuan untuk sebuah tindakan personal atau kelompok untuk mendapatkan sesuatu secara sistematis dan terencana dari kelompok lain dengan cara melihat segi kelebihan dan kekurangan dari lawan. Jika anda pernah ingin mendapatkan sebuah dukungan dari suatu kelompok yang berseberangan pendapatnya dengan sebuah pendekatan personal mempengaruhi beberapa anggota mereka untuk sejalan dengan anda agar kemudian menggunakan beberapa orang itu untuk mempengaruhi anggota kelompok mereka yang lain, maka itu adalah salah satu wujud bentuk praktik berpolitik dalam kehidupan sehari- hari.
Dalam kenyataannya pengertian politik tidak boleh hanya mengacu pada praktik perseorangan atau kelompok. Dalam kehidupan bermasyarakat , kita harus mengutamakan kepentingan umum dibandingkan kepentingan kelompok atau perseorangan. Poin inilah yang seharusnya diusung oleh tokoh-tokoh politik nasional. Sayangnya beberapa propaganda politik yang dilancarkan kurang bisa memberi pendidikan politik kepada masyarakat. Sekarang ini kecenderungannya adalah hanya sekedar memanipulasi kesadaran masyarakat dengan memberi mereka janji-janji surga yang pada kemudian hari tidak pernah atau sangat jarang diwujudkan. Tidak mengherankan jiwa wajah perpolitikan di tanah air kurang begitu mendapat respon positif dari masyarakat umum. Ini dikarenakan para elit politik membatasi manfaat politik hanya unutk kalangan mereka sendiri tanpa memasukkan kebutuhan masyarakat.
Memang tidak mudah untuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat akar rumput. Seperti juga proses pendidikan pada umumnya, proses pendidikan politik membutuhkan proses yang tidak instan dan membutuhkan persiapan dan pengawasan yang terintegritasi. Pendidikan politik khususnya, membutuhkan kondisi perpolitikan yang kondusif dan contoh- contoh interaksi politik yang baik. Memang tidak akan mudah mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap kehidupan perpolitikan di tanah air. Namun dengan keyakinan dan niat yang baik proses pendidikan politik pasti bisa dilakukan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. DPD Partai NasDem Dumai Kota - All Rights Reserved