Muda, Peduli, dan Merakyat

Partai NasDem Bentuk Relawan untuk Pemilu 2014



Dumai, BAPILU DPD Partai NasDem Jasril Koto menbentuk relawan untuk Pemilu Legislatif 2014. Tujuannya, membangun partisipasi langsung masyarakat dalam politik.

Dia mengatakan, para relawan tersebut nantinya akan menjadi ujung tombak menyampaikan pesan-pesan politik kepada masyarakat.

“Harus ada aktor-aktornya untuk menyampaikan gagasan itu. Oleh karena itu, saya merasa perlu menciptakan struktur di luar partai. Relawan ini nantinya yang akan menyampaikan atau mentransformasikan pesan politik," kata Jasril dalam acara pelatihan relawan di Kecamatan Dumai Kota, , Minggu (19/05/2013).

Namun, Jasril menegaskan, pembentukan relawan bukan karena dirinya pragmatis. Sebagai politikus, dan dirinya membutuhkan perantara untuk menyampaikan pesan-pesan politik.

Jasril mengatakan, membangun kesadaran politik yang kolektif di masyarakat sangat membutuhkan peran relawan yang berperan sebagai aktor politik. Tugas para relawan memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa politik digunakan untuk memberikan kemaslahatan masyarakat.

Tidak hanya itu, para relawan juga berperan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa masih ada politikus yang bertanggungjawab kepada konstituennya. Di tengah apatisme masyarakat terhadap partai, lanjut dia, pemahaman itu perlu diberikan agar tercipta kesadaran kolektif di masyarakat.

“Virus kesadaran itu harus ditularkan kepada masyarakat. Kita hadir untuk menciptakan kesadaran kolektif bahwa politik itu ibadah. Setelah itu kita tularkan kepada masyarakat bahwa politik tidak seperti yang dibayangkan masyarakat pada saat ini,” ujarnya.

Saya menyadari kekecewaan publik terhadap partai bukan kesalahan masyarakat, tetapi kesalahan politikus yang bersikap pragmatis dengan menempatkan posisi rakyat dalam hubungan transaksional. ( JK )

Saya Membuka kesempatan kepada shabat FB menjadi Relawan JASRIL Menuju Gedung DPRD Kota Dumai.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. DPD Partai NasDem Dumai Kota - All Rights Reserved